Selasa, 12 Agustus 2014


RSUD Margono Purwokerto
Sudah beberapa tahun ini saya meninggalkan kota asal saya Purwokerto. Selama itu pula bahasa daerah Banyumasan (Purwokerto-Cilacap-Purbalingga-Banjarnegara) yang menjadi ciri khas kami sedikit pudar dalam ucapan. Sebenarnya kemampuan bahasa itu tidak pernah hilang ataupun berkurang. Hanya saja mulut ini enggan berucap apalagi jika akhirnya hanya akan menjadi bahan olok olokan. Di sini saya ingin bercerita sedikit dengan bahasa itu. Dalam pengucapannyua, bahasa ini dibaca sesuai dengan ejaan hurufnya.


Silahkan tertawa dengan tulisan ini jika dirasa lucu, saya tidak keberatan karena tawa mu tak pernah akan saya lihat langsung.

Dadi Purwokerto kuwe terletak neng sebelah barat daya Propinsi Jawa Tengah. Jane nek dipikir pikir, daerah Purwokerto karo sekitare kuwe bahasane wis beda banget karo wong wong Jawa sing uripo neng daerah Semarang utawa Jogjaan. Biasane wong sekitar Jogja-Semarang kuwe ngomonge lewih alus karena akeh nganggo huruf 'o'. Nah sedangkan wong Banyumas dan sekitarnya angger ngomong 'a' ya 'a'. Misale kaya kiye. 

Tulisane Apa diwaca "opo" neng daerah Jogja-Semarang
Nek neng Purwokerto dan sekitar ya tetep baen "Apa"

Nyong jane ya ora paham kenangapa huruf o bisa lewih sopan sekang huruf a. Mbok jenenge diskriminasi huruf? Tapi ya terserah wong baen lah arep diarani ora sopan ya ora papa.

Selain huruf a karo o, ana maning sing membedakan bahasane wong Banyumasan karo wong Jogja-Semarangan yaitu pembacaan huruf "k". Neng daerah Banyumasan, sing jenenge huruf "k" ya diwaca jelas "k". Tapi mbuh kenangapa angger ko pada dolan Jogja apa Semarang kuwe huruf "k" dadi lenjeh. Diwacane ngambang lan ora jelas. Dadi suara "k" lewih mirip tanda petik. Contohe kaya kiye.

kata "katok" neng Jogja-Semarangan diwaca kato'. Padahal ya angger dilogika kudune ya diwaca katok baen. Tapi ya sepisan maning, kuwe jenenge kecenderungan wong wong. Nek ora salah pembacaaan k sing ngambang kuwe dianggep lewih sopan.

Nah kuwe mau beberapa perbedaan sing keton banget antara bahasa Banyumasan karo bahasa Jawa sing dinggo neng daerah Jogja-Semarang. Nanging pas pada nganggo basa krama inggil, perbedaan mau kuwe dadi mengecil dan dua jenis bahasa Jawa mau seolah dadi siji.

Masih ada banyak bahasa lagi di Indonesia yang mungkin memiliki romantisme yang sama dengan kedua bahasa Jawa di atas. Jika ada kesempatan, saya juga ingin mempelajari bahasa daerah lain. Ya macam bahasa Melayu, atau bahasa Sunda, mungkin bahasa Aceh. Sa tidak tahu tapi sepertinya asik juga belajar bahasa Nusantara. Apalagi kebanyakan dari bahasa Nusantara berada dalam satu keluarga bahasa yang sama yang tentunya akan lebih mudah untuk dipelajari dari bahasa Asing. 


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar