Rabu, 26 Desember 2012




  Posting ini ditulis setelah tersentuh hati oleh sebuah film yang berjudul “Tanah Surga Katanya”. Film ini berkisahkan tentang kehidupan masyarakat Indonesia di perbatasan Malaysia. Tentang bagaimana susahnya hidup seribuan kilometer dari ibu kota Jakarta, tentang bagaimana tidak ratanya pembangunan di Indonesia. Selama sembilan puluh menit penonton dihidangkan kritikan-kritikan lembut berupa gambar bergerak, kepada siapa saja di Indonesia yang telah menikmati kecukupan. Bersama kritikan tersebut sang sutradara tak lupa mengingatkan para penonton akan rasa memiliki Indonesia. Isu keindahan Indonesia yang biasanya diangkat untuk menggugah hati penonton diolah dengan cara yang berbeda. Karena memang sebagaimanapun kaya dan indah Indonesia, kita masih tertinggal dari bangsa bangsa lain. Oleh karena itu mengingatkan para pemuda akan kekayaan dan keindahana Indonesia saja tidak cukup. Para pemuda harus disinggung dan dikritik agar akhirnya bergerak.

                Saya masih berada di tanah perantauan, di Turki atau sembilan ribu kilometer barat laut Indonesia untuk tepatnya. Memang kata merantau saat ini tidak membawa makna yang sebenarnya. Merantau lebih identik dengan hidup susah di tanah seberang. Merantau adalah mengadu nasib di negeri orang dengan modal seadanya. Sedangkan saya, saya masih dapat menikmati hangat pemanas dan mewahnya kopi di musim dingin. Atau roti segar pengganti nasi yang masih sukar dicari bagi saudara sendiri di tanah air. Jadi turunkanlah harga kata merantau itu di tulisan ini.

               Selama kurang lebih tujuh belas bulan saya telah berpisah secara fisik dengan Indonesia. Meskipun berita berita nasional masih terus dapat diikuti, dan  makanan makanan khas nusantara masih saja bisa ditemui, kerinduan seorang dari rumahnya tetap terasa kuat. Ketika rindu tiba obat-obatnya seperti lagu-lagu dan foto-foto masa SMA tidak cukup menawar candu akan menghirup udara lembab iklim nusantara. Kala sakau itu ada diri ini semakin menghargai akan indahnya hidup di Indonesia. Entah itu hal buruk seperti macet dan gundukan sampah atau hal indah seperti pamandangan Gunung Slamet dan sekitarnya, semua sama menjadi objek rindu perantau murah ini.

               Bukanlah berarti pelajar di luar negeri hanya belajar dan merindu. Kepekaan kami akan kewajiban membangun negeri terbangun lebih di tanah orang ini. Secara pribadi timbul keinginan lebih serius untuk beraksi untuk negeri sendiri. Apalagi jika bertemu orang setempat atau pun warga asing yang kebetulan tinggal di sini. Banyak dari mereka yang selalu mengidentifikasi Indonesia sebagai Negara sangat miskin. Ditambah lagi media setempat yang beberapa kali menggambarkan si miskin dari timur dengan cara yang cukup dramatis. Kata-kata mereka benar menampar dan menyadarkan. Kita sebagai pemuda entah belajar di bidang mana pun harus bergerak setelah selesai menempuh pendidikan nanti atau bahka dari sekarang. Jangan cuma bermimpi berdomisili di Jawa atau malah berkeinginan pindah ke Jawa.

                Dari film ini saya mengambil sebuah kutipan. “Wilayah Indonesia itu kan luas sekali ya, kamu gak cukup satu hari pake perahu untuk bisa ngelilingi Indonesia. Jadi butuh waktu lama, butuh kerja keras supaya bisa mengolah alam ini semuanya, supaya semua rakyatnya sejahtera” kata Dokter Intel kepada Salman. Memang betul sebagaimana pun kita diberitahu bahwa tanah Indonesia itu subur dan amat sangat kaya dengan sumber daya alam. Namun semua akan percuma jika tidak ada dari kita yang mengolahnya. Yang ingin Indonesia agar menjadi bangsa yang lebih baik itu bukan saya sendiri atau pun sekedar para pelajar Indonesia yang ada di luar negeri. Saya yakin ada ratusan ribu pemuda di Indonesia yang ingin hal serupa. Sudah banyak dari mereka yang bertemu dan merealisakan aksi. Ada juga mereka yang masih berkutat dalam perumusan ide menunggu pengeksekusi gagasan gagasan mereka. Jadi di manakah diri anda? 
Categories:

3 komentar:

  1. saya juga jadi teringat film dokumenter "cerita dari tapal batas" yang menggambarkan Indonesia yang belum berhasil meratakan kemakmuran untuk warganya. bersama kita bisa mewujudkannya :D

    BalasHapus
  2. Mantap nih, jangan hilang link alumni semesta ne :)

    BalasHapus